Alumni Pascasarjana Unwidha Klaten Gelar Seminar Pendidikan Bahasa di Era Digital

 

KLATEN – Alumni pascasarnana Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, Sabtu (30/12/2017) menggelar seminar dengan tema Pendidikan Bahasa di Era Digital yang diadakan di lantai 4 Gedung Rektorat Unwidha Klaten. Seminar menghadirkan dua pembicara masing-masing dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Idonesia Unwidha Drs Sri Budiyono MPd dan Rektor Unwidha Klaten Prof Dr H Triyono, MPd.

Ketua Panitia, Drs Sunardi MPd dalam laporannya mengatakan, seminar pendidikan bahasa di era digital diikuti sekitar 100 alumni pascasarnana Unwida program studi pendidikan bahasa. Para peserta tidak hanya datang dari Kabupaten Klaten namun juga banyak datang dari luar Klaten seperti Cilacap, Purwokerto, Wonogiri dan dari kabupaten lainnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Unwidha Klaten, Dr H  Dwi Bambang Putut Setiyadi, MHum dalam sambutannya mengatakan, jajaran civitas akademika program Pascasarjana Unwidha Klaten menyambut baik dengan digelarnya seminar pendidikan bahasa di era digital. Dengan seminar tersebut diharapkan para alumni yang rata-rata masih bertugas sebagai pengajar maupun bertugas di jajaran Dinas Pendidikan dapat menerapkan hasil-hasil seminar untuk kemajuan pendidikan bahasa di tempatnya bertugas.

Sedangkan pembicara Drs Sri Budiyono MPd dalam paparannya mengatakan, hidup di abad 21 ini merupakan hidup yang penuh dengan tantangan. Abad 21 dikenal dengan abad digital, abad mondial, dan bahkan abad global. Dikatakan abad digital karena aktivitas komunikasi sudah cukup maju, dalam dunia informasi lebih cepat, lebih tepat, dan lebih akurat. Lebih cepat karena informasi dan komunikasi cukup didapat lewat informasi yang ada dalam berita yang semuanya bisa di-online-kan.

Menurutnya, dikatakan lebih tepat karena bukti konkret bisa di dapat dengan cepat dan bisa dibuktikan lewat gambar yang diambil secara langsung dan dikirimkan secara langsung pula, serta lebih akurat karena data yang ada bisa dikirim lewat bukti yang dialami dan dilihat oleh si pelaku tanpa dibuat-buat, yang kemudian disampaikan ke khalayak luas. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan ekonomi secara hebat yang diiringi  terjadinya persaingan bisnis, teknologi,  informasi, industri, dan bahkan edukasi itu sendiri.  Dua raksasa penguasa ekonomi terbukti masih mendominasi.

Sementara itu Rektor Unwidha Klaten Prof Dr H Triyono, MPd dalam paparannya mengatakan, para mahasiswa S2 atau program pascasarjana Unwidha untuk menambah ilmu pengetahun mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Thailand, Malaysia dan Singapura. Karena Unwdha Klaten juga menjalin kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri sehingga kemampuan lulusan program pascasarjana Unwidha makin meningkat. (Idi)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *