Pelatihan Kepemimpinan Wanita Antarnegara Digelar di Kemalang

KLATEN – Pusat Studi Wanita Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerjasama dengan Sookmyung Women’s University atau Universitas Wanita Sookmyung Korea Selatan dan Asia Pacific Women’s International Network Center (APWINC) atau Pusat Jaringan Internasional Wanita Asia Pasifik menggelar Training Program ICT (Information, Communication and Technology) and Leadership atau pelatihan tentang Informasi, Komunikasi dan Teknologi serta program pelatihan kepemimpinan wanita. Kegiatan tersebut digelar di Balai Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kamis, 11 Januari 2018.    

Direktur Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana UGM, Prof Dr Suratman MSc pada acara tersebut mengatakan, training kepemimpinan wanita antarnegara tentang ICT berupa Informasi, Komunikasi dan Teknologi bertujuan untuk menyiapkan kepemimpinan wanita di masa mendatang. Maka dari itu kegiatan tersebut juga didukung UNESCO-UNITWIN badan PBB yang menangani pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Menurut Prof Dr Suratman MSc, pelatihan kepemimpinan wanita antarnegara tentang ICT untuk menyiapkan wanita dalam rangka menyongsong abad milenial dan digital. Kegiatan tersebut sekaligus untuk merespon Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 17 tujuan dan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.  Prof Dr Suratman MSc yang juga sebagai inisiator terbentuknya Srikandi Sungai Indonesia (SSI) mengatakan,  pelatihan  kepemimpinan wanita untuk meraih tujuan kelima SDGs yakni  mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan. Maka dari itu pelatihan dipilih di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Klaten, karena di Desa Panggang telah dikembangkan Srikandi Sungai Indonesia (SSI) sebagai gerakan peduli lingkungan yang dilakukan wanita se Klaten dan di Klaten terdapat kepemimpinan wanita yakni Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengatakan, atas nama pribadi dan masyarakat Klaten mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para mahasiswa dari Korea Selatan  dan mahasiswa dari UGM Yogyakarta yang telah mengadakan training kepemimpinan wanita di Klaten. Pemkab Klaten menyambut baik dengan digelarnya pelatihan kepemimpinan wanita termasuk pelatihan  ICT berupa Informasi, Komunikasi dan Teknologi.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menegaskan, peran dan kedudukan perempuan memberikan sumbangsih besar dalam menjaga kokohnya pilar negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Perempuan dengan segala karakter dan keperibadianya merupakan sosok yang sangat istimewa dan diakui bahwa saat ini banyak sosok perempuan dunia dan di Indonesia yang ikut andil dalam pembangunan dan menjadi pemimpin negara untuk mewujudkan masyarakat yang makin sejahtera.

Pelatihan kepemimpinan wanita termasuk pelatihan  ICT berupa Informasi, Komunikasi dan Teknologi di Kemalang diikuti 17 mahasiswa Korea Selatan dan sekitar 50 mahasiswa UGM Yogyakarta. Perwakilan mahasiswa Korea Selatan Jiyoung Park melalui juru bicaranya, Youpa Dewi, mengucapkan terimakasih atas penyambutan yang ramah dan baik dari masyarakat Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Klaten sehingga pelatihan kepemimpinan wanita antarnegara berjalan lancar.  (Idi)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *