Polres Klaten Gelar Apel Amankan Pilgub Jateng

Kapolres Klaten Saat Memantau Peserta Apel

KLATEN – Dalam rangka kesiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, Polres Klaten, Jumat pagi, 5 Januari 2018 mengadakan apel gelar pasukan operasi mantap praja candi 2018 di Jalan Pemuda Tengah Klaten tepat depan Radio Siaran Publik Daerah  (RSPD) Klaten. Apel dengan inspektur upacara Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono tersebut diikuti ratusan peserta dari jajaran kepolisian dan satgas partai politik.

Tampak menjadi peserta apel juga datang dari jajaran Dinas Perhubungan Klaten, Satpol PP Kabupaten Klaten, dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Klaten. Adapun jajaran pejabat yang hadir antara lain Bupati Klaten Hj Sri Mulyani diwakili Asisten II Sekda Klaten, Drs H Purwanto AC MSi, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Klaten dan  jajaran camat se Klaten.

Bertindak selaku komandan apel AKP Damin SH yang sehari-harinya menjabat Kasat Sabhara Polres Klaten. Pada apel tersebut, Polres Klaten menerjunkan seluruh kekuatan dan perlengkapan yang dimiliki Polres Klaten. Diantaranya, pasukan sepeda motor, pasukan anjing pelacak, pasukan penjinak bahan peledak (jihandak) guna mengantisipasi berbagai kerawanan yang mungkin muncul dalam berbagai tahapan Pilkada serentak.

Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana serta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018. Diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan baik dan optimal dalam rangka menyukseskan pengamanan Pilkada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.

Menurut Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono, kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan  bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan berpendapat yang dijamin oleh konstitusi serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan. Proses pendewasaan demokrasi yang sedang berlangsung saat ini, dibangun melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam kehidupan demokrasi untuk menuju konsolidasi demokrasi yang semakin mantap.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono menyatakan, berdasarkan UUD 1945 Pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Kemudian Pemilukada merupakan sarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk pemerintahan yang yang sah dan berkedaulatan rakyat.

Bupat Klaten  Hj Sri Mulyani melalui Asisten II Sekda Klaten, Drs H Purwanto AC MSi mengapresiasi kegiatan apel gelar pasukan operasi mantap praja candi  dalam  rangka pengamanan Pilkada serentak 2018. Melalui apel gelar pasukan menjadi ajang konsolidasi jajaran keamanan termasuk satgas partai politik dalam rangka mewujudkan Pilgub Jateng yang aman, damai dan demokrastis, sehingga terpilih pemimpin yang sesuai dengan kehendak dan keinginan rakyat Jawa Tengah.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten, Muhammad Ansori, SPd I menyambut baik dengan diadakannya apel gelar pasukan operasi mantap praja candi 2018. Semoga dengan apel pasukan yang juga diikuti Satgas partai politik nantinya membantu terwujudnya Pilgub Jateng yang demokratis, aman dan kondusif guna mewujudkan masyarakat Klaten yang makin sejahtera.  (Idi)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *