Bupati Resmikan Joglo Tani

KLATEN – Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Kamis (15/2/2018) meresmikan Joglo Tani di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Peresmian Joglo Tani   merupakan buah kerja keras semua pihak untuk memajukan pertanian sehingga mampu mempertahankan  Kabupaten Klaten sebagai penyangga pangan nasional.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani mengucapkan terimakasih kepada jajaran Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klaten,  jajaran PT Tirta Investama Aqua Klaten dan para Pengurus Joglo Tani beserta seluruh pihak yang berpartisipasi mendukung kemajuan pertanian di Klaten. Atas nama Pemerintah Kabupaten Klaten mengucapkan selamat atas capaian ini. Ucapan selamat ini, kata Hj Sri Mulyani, disertai harapan agar kerja keras dalam memajukan pembangunan bidang pertanian dapat menghasilkan hal positif dan optimal dalam upaya turut serta membangun Bangsa Indonesia tercinta ini.

Menurut Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, pertanian merupakan kharakter asli bangsa Indonesia yang agraris ini. Di dalam ranah pertanian ini, terkandung makna yang secara historis dapat menjadi rumusan penting yang perlu diabadikan. Walapun telah ada pergeseran menuju diversifikasi pertanian yang lebih modern, namun sektor yang menjadi penyangga pangan nasional ini tetap menjadi salah satu budaya asli yang perlu diwariskan kepada setiap generasi.

Selain itu, ujar Hj Sri Mulyani, kehadiran Joglo Tani ini juga mengajarkan kepada  semua tentang pentingnya menterjemahkan makna kearifan lokal, bergotong royong dalam mengelola kekayaan alam semesta dengan segala isi dan potensinya. Sekecil apapun peran dan keberadaan  setiap masyarakat dalam mengelola alam, pasti akan memberikan andil bagi bumi pertiwi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyatakan, pelaksanaan pembangunan pertanian saat ini  masih dihadapkan pada beberapa permasalahan, antara lain belum optimalnya pemanfaatan sumber daya alam, menurunnya kualitas dan kuantitas produksi pertanian, terbatasnya akses terhadap sumber daya produktif, terbatasnya Sumber Daya Manusia, dan sebagainya. Terlebih lagi seiring dengan perkembangan pasar dunia usaha di bidang pertanian semakin dihadapkan oleh berbagai tantangan.

Dikatakan, berbagai permasalahan dan tantangan yang ada tersebut harus dihadapi secara bersama-sama, baik oleh pemerintah, masyarakat petani maupun berbagai sektor terkait lainnya. Atas dasar itulah maka Bupati Klaten berharap, peresmian Joglo Tani ini menjadi salah satu upaya nyata untuk semakin menguatkan langkah dan tekad dalam membantu pemerintah guna menjawab semua tantangan dan permasalahan yang ada tersebut.

Dengan kehadirian Joglo Tani ini, tegas Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, diharapkan menjadi wahana bagi seluruh elemen yang terlibat di dalamnya untuk mampu berperan aktif dalam memajukan pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Klaten. Pada acara peresmian Joglo Tani, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat Pemkab Klaten. (Idi)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *