Desa Eksotis Yang Miliki Candi Kembar

PRAMBANAN- Siapa yang tak kenal dengan situs bersejarah Candi Prambanan? Destinasi wisata yang terletak di perbatasan Kabupaten Sleman Provinsi DIY dan Klaten Jawa Tengah bukan hanya menjadi magnet bagi wisatawan domestik, namun juga turis asing.

Keberadaan candi yang terkenal dengan legenda Roro Jonggrang itu tentu memantik warga sekitar untuk menawarkan wisata alternatif. Apalagi tak jauh dari Candi Prambanan juga terdapat situs bersejarah yang tak kalah eksotis seperti Candi Plaosan dan Candi Sojiwan yang secara geografis masuk wilayah Kecamatan Prambanan, Klaten.

Salah satunya yang mulai menggeliat ialah Desa Bugisan. Mereka mengangkat Candi Plaosan sebagai ikonnya lantaran telah menjadi spot bagi wisatawan kala menanti momentum matahari terbit dan terbenam.

Menurut Kepala Desa  Bugisan, Heru Nugroho, mengemas Candi Plaosan merupakan salah satu bukti keseriusan desanya menjadi desa wisata dengan dukungan Pemkab Klaten.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan konsep wisata berbasis seni budaya. Pasalnya Desa Bugisan juga memiliki kesenian tradisional seperti karawitan, srandul, hingga gejok lesung.

“Candi Plaosan tentunya menjadi ikon Desa Bugisan. Potensi itu akan kita kemas dengan potensi kuliner dan kesenian tradisional melalui paket wisata jelajah desa. Wisatawan akan kita ajak langsung melihat proses pembuatan emping (melinjo), tahu, dan batu bata. Lalu juga kita siapkan kuliner tradisional sekaligus bisa menikmati eksotisme candi kembar Plaosan di gazebo yang kita bangun di sisi timur candi,” ujar Kades Heru Nugroho

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *