Wisata OASSE Kayuhan Sidowayah Mulai Dipadati Pengunjung

POLANHARJO – Setelah diresmikan Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani pada akhir Tahun 2017 lalu, saat ini keberadaan obyek wisata baru OASSE di Dukuh Kayuhan, Desa Sidowayah, Polanharjo mulai dipadati pengunjung.

Pekan lalu, serombongan wisatawan dari luar kota mendatangi wisata OASSE. “Kami datang dari tour Yogyakarta, dan sengaja ke Desa ini untuk melihat langsung wisata OASSE,” ujar Tunjung (49), salah satu wisatawan asal Kotoarjo, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, munculnya wisata OASSE di Dukuh Kayuhan berawal ide atau gagasan dari seorang warga setempat, Wawan Rohmat Widodo. Ia me manfaatkan rumah kosong yang sebelumnya diguna kan untuk ternak ayam.

Pemanfaatan rumah kosong sebagai wisata OASSE ternyata mendapat respon dari tokoh masyarakat dan perangkat Desa Sidowayah. Akhirnya dengan modal nekat, warga bergotong royong membersihkan rumah kosong yang sebelumnya dianggap sangat wingit (angker) oleh warga tersebut.

“Ini sebagai wahana wisata edukasi bagi anak-anak yang kami dirikan benar-benar scara swadaya warga Dukuh Kayuhan,” kisah Wawan yang juga menjabat sebagai Kaur Pembangunan Desa Sidowayah.
Kesadaran warga berani investasi lantaran berkaca dari kesuksesan wahana Kampung Dolanan Sido wayah (KDS) yang telah berdiri sejak pertengahan tahun lalu. Untuk sementara waktu dikemas satu paket dengan wahana KDS.

“Jadi begitu selesai outbound di KDS, anak-anak datang ke sini diantar naik bendi. Adapun fasilitasnya berupa panahan tradisional, seni lukis, membuat gerabah, hingga kebun bina tang mini berisi aneka unggas, burung, kura- kura, kambing, ular dan kuda. Biayanya sementara ini cukup Rp 10 ribu,” jelas Wawan.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Hapsoro, SH neyampaikan rasa empatik dan bangganya terhadap warga RT 10/RW 05 Dukuh Kayuhan berinisitif merogoh koceknya masing-masing Rp 500 ribu demi terwujudnya wisata OASSE. “Wahana OASSE merupakan pilot project kolaborasi murni masyarakat,” jelas Kades Hapsoro. (bud)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *