Generasi Pemuda Perangi Narkoba

KLATEN – Forum Masyarakat Anti Narkoba (Formas Annar) Klaten mendesak untuk menghidupkan kembali Badan Narkotika Kabupaten (BNK). Mengingat BNK sebagai lembaga formal yang memiliki peran dalam pencegahan terhadap peredaran narkoba. Hal itu disuarakan lewat aksi antinarkoba dengan melibatkan ratusan pelajar dan mahasiswa di car free day (CFD) Jalan Pemuda, Minggu (10/4).
”Kegiatan ini merupakan bagian kampanye stop narkoba dengan melibatkan generasi muda. Ikut serta membantu pemerintah daerah dalam memberantas narkoba di kalangan anak muda. Harapan kami, BNK yang sudah mati suri selama lima tahun dihidupkan kembali,” jelas Ketua Formas Annar, Djoko Sutrisno .
Selama ini, kampanye antinarkoba masih berjalan mandiri. Tanpa ada lembaga yang menaungi. ”Lewat deklarasi antinarkoba ini, saya ingin menindaklanjuti hingga per kecamatan dan sekolah. Tetapi juga perlu dukungan pemkab dengan mengatifkan BNK yang lama vakum. Saya percaya jika ada sinergitas antara BNK dengan LSM menjadikan pesan dari gerakan anti narkoba dapat tersampaikan ke masyarakat,” ucap Djoko.
Ketua III Formas Annar, Anton Sanjaya menambahkan, peredaran narkoba di Klaten cukup mengkhawatirkan. Berdasarkan data Polres Klaten, di triwulan pertama terdapat 15 kasus yang dilaporkan dengan 21 pelaku ditangkap.
”Selama ini memang belum ada jenis narkoba yang baru di Klaten. Tetapi perlu diketahui juga modus baru dalam peredarannya. Salah satunya melalui permen yang selama ini dekat dengan anak-anak,” tandasnya.
Peran orangtua juga dibutuhkan dalam melindungi anaknya dari peredaran narkoba. ”Perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap orang asing yang baru dikenal. Jangan sampai terjerumus peredaran narkoban ini,” pungkasnya.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *