Angin Puting Beliung Landa 6 Kecamatan di Klaten

Tokoh masyarakat Dukuh Tukuman, Desa Plosowangi, Cawas, Margono ikut terjun langsung membuka akses jalan akibat pohon tumbang diterjang angin lesus, Rabu sore (18/4/2018).
Pembersihan pohon tumbang akibat angin puting beliung dilakukan hingga Rabu malam.

KLATEN – Angin kencang atau sering disebut angin puting beliung, Rabu sore, 18 April 2018 yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB sampai 16.30 WIB, telah melanda sekitar 6 kecamatan di Klaten. Akibatnya banyak pohon tumbang sehingga mengganggu akses jalan, namun   beruntung angin lesus tersebut tidak mengakibatkan   korban luka maupun korban jiwa.

Petugas SAR Klaten, Dwi Joko Murwanto di Klaten, Rabu malam melalui pesan singkat via WhatsApp (WA) menjelaskan,   data  area terdampak angin kencang di 6 kecamatan di Klaten meliputi Kecamatan Klaten utara di Desa Ketandan dan Desa Karanganom, Kecamatan Wedi di Desa Sukorejo, Sembung dan Desa Pacing. Kemudian Kecamatan Bayat di Desa  Jambakan dan Desa Talang.

Kemudian, tulis Dwi Joko Murwanto, di Kecamatan Cawas meliputi Desa Plosowangi, Kedungampel, Bawak, Barepan, Cawas, Mlese dan Desa Bogor. Di Kecamatan Trucuk meliputi Desa Planggu dan Desa Pundungsari serta Kecamatan Karangdowo melanda di Desa Munggung dan Desa Bakungan.

Menurut Dwi Joko Murwanto, hingga Rabu malam para relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), SAR, PMI dibantu relawan dari organisasi kemasyarakatan dan warga masih melakukan pembersihan pohon tumbang di sejumlah desa, sehingga tidak menganggu akses jalan. Warga bersama para relawan bahu membahu kerjasama melakukan pemotongan pohon tumbang yang melintang di tengah jalan sehingga karena mengganggu lalu lintas.

Penanganan pohon tumbang juga dilakukan di jalan perbatasan Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas dan Desa Planggu, Kecamatan Trucuk tepatnya di Dukuh Tukuman, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas.  Tampak warga bersama relawan melakukan pemotongan pohon tumbang sehingga mudah dievakuasi untuk membuka akses jalan.

Margono warga Dukuh Tukuman, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas melalui pesan WA juga menyebutkan, sebelum angin kencang melanda, sekitar pukul 16.30 WIB wilayah Cawas terjadi hujan lebat disertai angin ribut. Sehingga banyak pohon tumbang dan puluhan seng atap rumah terbang terbawa angin. (Idi)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *