Peran PKK Dalam Pembangunan Masyarakat Seutuhnya

PRAMBANAN-Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Kemudo Kecamatan Prambanan mengadakan rapat konsultasi (Rakon).

Rakon mengusung Tema “Integrasi Perencanaan Program PKK dalam Mendukung Keutuhan dan Kerukunan Keluarga, Sebagai Kunci Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Sebagai mitra pemerintah, TP PKK cukup banyak berbuat dan diakui peran keberhasilannya dalam mendukung proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Untuk itu pemerintah berkewajiban untuk mendorong Gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan misi utamanya dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Peran PKK begitu penting dalam pembangunan karena untuk membangun Indonesia tidak bisa Pemerintah sendiri, harus melibatkan semua pihak, termasuk salah satunya PKK,” ujar Ketua TP PKK Desa Kemudo, Diyah Rini Hermawan. .

Dia menjelaskan bahwa tema rakon PKK kali ini sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini, di mana pada era demokrasi dan otonomi daerah, tingkat keberhasilan dari program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah sangat ditunjang oleh adanya jalinan kerjasama yang harmonis serta keterpaduan gerak antar unsur-unsur yang ada.

“Oleh karena pemerintah berkewajiban untuk mendorong gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan misi utamanya, yaitu bersama pemerintah menyukseskan program pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 99 tahun 2017 tentang PKK, maka diharapkan kinerja PKK akan lebih maksimal. Kalau sebelumnya anggaran PKK bersumber dari dana bantuan, sekarang sudah langsung dari pemerintah, sehingga dapat lebih teratur dan maksimal.

“Melalui rakon ini, diharapkan dapat terwujud gerakan PKK yang berkualitas dan profesional, baik dari segi kelembagaan, pelaksanaan 10 program pokok PKK maupun dari sisi kerjasama dengan mitra kerja. Untuk itu, program kerja kedepan termasuk pedoman kelembagaan dan administrasi PKK harus disusun dengan baik disesuaikan dengan perkembangan kemajuan pembangunan dewasa ini,” tutupnya.(kry)

Rakon kali ini dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto, Plt. Ketua TP PKK Provinsi Lampung Titin Surti Kustinah Didik, Ketua TP PKK Kota Bandar Lampung Min Yuanah Yusuf Kohar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hartati Zainal, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung selatan Jasmine Shanas Zainudin, Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, Ketua TP PKK Kabupaten Way Kanan Desy Afrianti Adipati, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, serta Wakil Ketua TP PKK Kota Metro Siti Aisah Johan dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Barat Gurti Komarawati Mad Hasnurin. (yuli/humas)

 

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *