Festival Jathilan Memukau Pengunjung

KEMALANG – Sebanyak 32 grup kesenian jathilan perwakilan kecamatan se Kabupaten Klaten, unjuk ketrampilan dan berlaga dalam event Festival Jathilan 2018 di Lapangan Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Selasa (24/7/2018).

Dikatakan Camat Kemalang, Kusdiyono, festival ini sebagai ajang membangkitkan kembali grup-grup jathilan di wilayah Kabupaten Klaten dalam iklim kompetisi positif, serta memberikan ruang gerak dalam berekspresi bagi para seniman jathilan.

Ditambahkannya, setiap kelompok wajib menampilkan kebolehannya di depan panggung dengan durasi 10 menit, dan dinilai oleh tim yuri meliputi jenis tarian, keluwesan, serta kekompakan.

Namun ada yang berbeda dengan penampilan dari kontingen kecamatan Cawas yang diwakili oleh grup Jathilan Arum Budaya Barepan. Jathilan ini diperankan oleh sekelompok ibu ibu dan remaja putri yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

Dikatakan kepala desa Barepan, Irmawan Andriyanto, grup Jathilan ini berjumlah 15 orang. Guna menyongsong festival Jathilan latihan secara rutin kurang lebih 2 minggu.

“Jathilan Arum Budaya menampilkan
lakon yang menceritakan perang jaran kepang membela kebenaran.  Grup Jathilan ini telah ada sejak 3 tahun, berhubung belum ada kesempatan untuk mengikuti festival ini,maka belum tampil keluar,” ucap Irmawan Andriyanto.

Irmawan berharap dengan adanya festival Jathilan dapat menjadikan sarana menyalurkan bakat yang dimiliki oleh warganya. Ia juga menceritakan sederet agenda yang dimiliki oleh desa Barepan mulai dari Festival gejog lesung, kirab legendo malam satu syuro dan lainnya.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *