Ketua Bawaslu RI Lantik 1.914 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

JAKARTA –  Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan melantik 1.914 anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia masa jabatan 2018-2023, di DKI Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Pelantikan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua KPU RI Arief Budiman, serta perwakilan sejumlah lembaga negara.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu RI, Abhan meminta agar para anggota Bawaslu Kabupaten/Kota bisa mengemban amanah sebaik-baiknya. “Ini era baru karena Bawaslu bersifat permanen dengan masa kerja lima tahun,” kata Abhan.

Mantan Ketua Bawaslu Jateng ini menambahkan, para anggota Bawaslu Kabupaten/Kota telah dipilih karena telah memenuhi syarat undang-undang dan juga punya kualifikasi dan kompetensi, diantaranya melalui seleksi dan evaluasi yang sangat ketat seperti ujian CAT, Psikotes, Kesehatan Jasmani/Rohani dan Semi Structure Group Disscusion (SSGD).

Abhan menyatakan para anggota Bawaslu Kabupaten/Kota sudah dihadapkan pada pengawasan Pemilu.  “Pemilu 2019 adalah tantangan pertama. Bagi Bawaslu, pemilu harus berintegritas, adil, jujur, akuntabel dan transparan,” ujar Abhan.

Untuk itu, Abhan meminta agar Bawaslu Kabupaten/Kota melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan prinsip undang-undang. Ia juga mengajak masyarakat dan publik ikut mengawasi kinerja Bawaslu kabupaten/Kota.

Pelantikan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua KPU RI Arief Budiman, KPI, Bawaslu Provinsi se Indonesia serta perwakilan sejumlah lembaga negara.

Prosesi pelantikan antara lain pembacaan SK ketua Bawaslu, pengambilan sumpah, pembacaan pakta integritas, sambutan ketua dan doa.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, status kelembagaan Bawaslu tingkat kabupaten/kota kini menjadi permanen. Berbeda dengan sebelumnya, dimana status pengawas pemilu tingkat kabupaten/kota hanya berbentuk ad hoc.

“Kami mengucapkan terimakasih, dan kami memohon doanya kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kabupaten Klaten agar ke depan kami dapat menjalankan tugas dengan baik, professional dan juga penuh tanggungjawab,” jelas salah satu anggota Bawaslu Klaten yang ikut dilantik, H Azib Triyanto, ST ketika dihubungi Joglo Pos melalui pesan WhatsApp-nya, Rabu sore (15/8/2018). (bud/*)

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *